Tangkal Penyakit, 5 Jenis Makanan yang Ampuh Tingkatkan Imun Tubuh

By | Desember 12, 2020

Sudah bukan rahasia lagi jika memasuki musim hujan, biasanya banyak yang kena batuk pilek hingga flu. Mengutip laman Integrative Drugs UCLA, ada beberapa alasan mengapa orang lebih mudah terkena penyakit-penyakit tersebut pada musim dengan suhu rendah.

Rhinovirus, jenis virus penyebab flu atau batuk pilek, tumbuh subur di suhu rendah. Menurut artikel yang diterbitkan dalam Nature Information, fakta ini sudah terjadi sangat lama dan telah diketahui oleh para peneliti.
Menurut laporan yang terbit dalam jurnal Respiratory Drugs tahun 2009, diketahui bahwa lingkungan yang dingin membuat suhu saluran pernapasan bagian atas jauh lebih “nyaman” bagi proses replikasi rhinovirus.
Suhu yang dingin membuat tubuh lebih sedikit mengirimkan sinyal imun antivirus, menyebabkan tubuh lebih rentan terkena infeksi.
Untuk mengatasinya, kita perlu daya tahan tubuh yang lebih kuat supaya tidak mudah terkena penyakit, dan kalaupun kena, gejala yang dialami ringan dan proses sembuhnya jadi lebih cepat. Itu bisa kamu capai salah satunya dengan banyak mengonsumsi jenis makanan atau minuman yang mempu meningkatkan imunitas tubuh, seperti contoh-contoh di bawah ini.

1. Sup ayam

Saat batuk pilek, biasanya selera makan menurun. Mungkin kamu termasuk orang yang mengandalkan sup ayam saat mengalaminya? Selain bernutrisi dan mengenyangkan, sup ayam bisa bikin tubuh terasa hangat dan nyaman.

Melansir Integrative Drugs UCLA, sup ayam ini telah terbukti secara medis memiliki efek antiinflamasi, membuatnya tepat dimakan saat batuk pilek karena bisa menenangkan peradangan di saluran pernapasan bagian atas.

Makan sup ayam juga bisa mengurangi gejala hidung tersumbat yang umum terjadi ketika seseorang kena flu.

2. Jahe

Jahe telah lama dikenal sebagai obat natural. Khasiat jahe di bidang kesehatan ini berasal dari tingginya kandungan senyawa fitokimia yang ada di dalamnya.

Laporan dari berbagai hasil studi yang terbit dalam Worldwide Journal of Preventative Drugs telah membuktikan bahwa mengonsumsi jahe bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Senyawa fungsional yang dimiliki jahe, seperti gingerol, shogaol, paradol dan sebagainya, bersifat antiinflamasi, antioksidan, serta antikanker.

3. Greek yoghurt

Dibandingkan yoghurt biasa, Greek yoghurt lebih banyak mengandung probiotik. Probiotik merupakan mikroorganisme hidup yang dapat memberikan manfaat kesehatan apabila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup.

Berdasarkan laporan dalam Korean Journal of Household Drugs tahun 2013, para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang mengonsumsi asupan yang mengandung probiotik setiap hari memiliki kemungkinan terkena flu lebih rendah, dibanding mereka yang tidak mengonsumsi probiotik.

Dari hasil berbagai studi, telah terbukti bahwa probiotik ampuh dalam menangkal berbagai penyakit, di antaranya mencegah kekambuhan alergi, penyakit akibat virus, penyakit pernapasan, kanker, dan penyakit pencernaan.

4. Brokoli

Mengutip EurekAlert!, sebuah penelitian yang terbit dalam Journal of Allergy and Scientific Immunology menemukan bahwa makan brokoli dan sayuran jenis cruciferous lainnya (seperti kembang kol, kubis, pakcoy, dan selada air), dapat memulihkan sistem imun tubuh, yang kondisinya makin menurun seiring pertambahan usia.

Berdasarkan hasil studi, sulforaphane, senyawa kimia yang ada pada brokoli, mampu mengaktifkan gen-gen antioksidan dan enzim-enzim dalam sel-sel imun spesifik, sehingga tubuh mampu melawan efek merugikan dari radikal bebas, di antaranya merusak sel-sel tubuh yang kemudian memicu berbagai penyakit.

5. Telur

Melansir Eat This, Not That!, mengonsumsi telur, terutama bagian kuningnya, ternyata mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini karena telur kaya akan kandungan vitamin D, salah satu vitamin yang peranannya important dalam mengatur dan memperkuat imunitas tubuh.

Sebuah penelitian dalam jurnal JAMA menyimpulkan, mereka yang mengonsumsi vitamin D setiap hari saat musim dingin lebih kecil kemungkinannya terkena flu dan infeksi saluran pernapasan bagian atas, ketimbang orang-orang yang kurang asupan vitamin D.

Selain memperbanyak konsumsi asupan di atas dan menerapkan pola makan bergizi seimbang, langkah-langkah lain yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan sistem imun adalah olahraga secara teratur, perbanyak tertawa sehingga mengurangi stres, cease merokok, serta tidur yang cukup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *