CLOUD COMPUTING: Pengertian, Manfaat, Jenis & Contoh

By | November 27, 2021

[ad_1]

Cloud Computing adalah mannequin komputasi teknologi berbasis web yang memungkinkan penggunanya menyimpan, mengakses dan mengelola knowledge yang dimiliki secara digital.

Cloud sendiri artinya adalah awan. Awan disini dianalogikan sebagai layanan digital/Web. Sedangkan computing adalah aktivitas penggunaan dan pengembangan teknologi komputer, perangkat keras dan perangkat lunak komputer.

Secara sederhana, cloud computing bisa juga didefinisikan sebagai aktivitas penggunaan teknologi komputer berbasis Web.

Nah, untuk lebih penjelasan lebih lengkap tentang cloud computing atau komputasi awan. Berikut ini adalah materi apa itu clodu computing beserta manfaat, kelebihan kekurangan, jenis layanan dan juga contoh cloud computing.

Pengertian Cloud Computing

Pengertian Cloud Computing adalah mannequin komputasi teknologi yang memungkinkan database, server, perangkat lunak, analitik, jaringan dsb disimpan secara digital melalui jaringan web.

Dari sisi perusahaan, ketika menggunakan cloud computing. Maka perusahaan tidak perlu memiliki insfastruktur fisik seperti server, {hardware}, cpu, reminiscence, storage, database, community, platform dsb melainkan hanya perlu menyewanya pada supplier yang menyediakan layanan tersebut.

Dengan begitu, perusahaan tidak perlu repot memikirkan biaya pemeliharaan perangkat keras, biaya operasional ataupun beban biaya lain, karena itu menjadi urusan supplier yang kita gunakan layanannya sesuai dengan kebutuhan.

Dari sisi pengguna, penggunaan cloud computing memiliki beragam manfaat, diantaranya seperti tersedianya penyimpanan berbasis on-line seperti misalnya google drive. Ataupun kehadiran google docs & spreadsheet yang menggantikan perangkat lunak tradisional microsoft phrase & excel.

Nah, untuk contoh supplier yang menyediakan layanan cloud computing diantaranya adalah Amazon Web site Companies, Google Cloud Platform, Microsoft Azure, Alibaba Cloud, IBM Cloud, Huawei Cloud, Indosatooredoo dll.

Manfaat Cloud Computing

Komputasi awan atau cloud computing memiliki beragam manfaat atau keuntungan bagi para penggunanya. Dikutip dari Microsoft berikut adalah beragam manfaat dari Cloud computing

1. Biaya
Dengan cloud pengguna tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk pengadaan dan pemeliharaan perangkat lunak, perangkat keras, server, listrik, pendingin server serta ahli IT untuk pengelolaan Infrastruktur.

2. Kecepatan
Layanan cloud menyediakan layanan sesuai permintaan. Semisal kita ingin mengupgrade kapasitas penyimpanan, hanya dengan beberapa klik, kapasitas penyimpanan sudah terupgrade. Hal ini lebih cepat daripada kita harus membeli perangkat hardisk atau hardrive dsj.

3. Skala World
Bisnis bisa berkembang dengan elastis. Kita bisa memberi bandwith, komputasi dsj sesuai dengan lokasi geografis pelanggan. Sehingga layanan bisa lebih cepat dan efektif.

4. Produktifitas
Membangun server membutuhkan sumber daya perangkat yang besar, selain juga para tenaga IT. Dengan cloud computing tenaga IT tidak lagi mengurus perangkat-perangkat keras, melainkan dialihkan pada pekerjaan lain yang lebih dibutuhkan.

5. Kehandalan
Kelangsungan bisnis bisa lebih mudah dan murah karena proses pencadangan knowledge ataupun pemulihan knowledge bisa dilakukan dengan cepat

6. Keamanan
Penyedia cloud computing tentu saja terdiri dari para pakar IT yang tidak diragukan kemampuannya. Cloud computing mempunyai kemanan yang kuat yang dapat melindungi knowledge, aplikasi ataupun infrastruktur sistem dari ancaman kejahatan dunia maya atau cyber crime.

Jenis Layanan Cloud Computing

Jenis layanan atau service pada cloud computing secara umum terdiri dari 3, yakni Software program A a Service (SAAS), Infrastruktur as a Service (IAAS), Platform As a Service (PAAS). Penjelasan singkatnya adalah sebagai berikut.

1. Software program As a Service
SaaS adalah salah satu layanan dari cloud computing yang memungkinkan pengguna menggunakan aplikasi tanpa harus menginstalnya di komputer. Contohnya seperti Google docs, Spreadsheet, Canva dsj.

Ketika menggunakan Google Docs kita tinggal mengunjunginya melalui web site tanpa harus melakukan instalasi. Ini berbeda dengan Microsoft phrase yang harus diinstal terlebih dahulu di komputer.

2. IaaS (Infrastructure As a Service)
Ini adalah layanan dasar yang disediakan oleh cloud computing. IaaS menyediakan layanan infrastruktur sistem komputer seperti misalnya server, mesin digital, jaringan, sistem operasi, sistem penyimpanan knowledge dsb.

3. Platform As a Service
Layanan ini memungkinkan pengguna untuk menguji, membuat, mengembangkan ataupun mengelola aplikasi perangkat lunak berbasis net atau selular. Dengan layanan cloud pengguna tidak perlu repot memikirkan bagaimana server, jaringan, penyimpanan, foundation knowledge dsb.

Kelebihan Kekurangan Cloud Computing

A. Kelebihan Cloud Computing

1. Fleksibilitas
Dengan cloud computing kita dapat mengakses knowledge yang kita butuhkan dari perangkat apapun. Selain itu kita dapat menyimpan knowledge pada penyimpanan cloud dan mengambilnya kembali meskipun pada perangkat yang berbeda.

Dengan cloud kita dapat berhubungan dengan knowledge kapanpun, dimanapun, tanpa batas, selama perangkat yang kita miliki terhubung pada jaringan web.

2. Hemat Biaya
Sebelum cloud hadir, perusahaan harus membeli, membangun dan melakukan pemeliharaan sistem (upkeep) terhadap infrasturktur teknologi yang dibuat. Dengan cloud kita tidak perlu lagi mengeluarkan biaya lebih untuk {hardware} seperti hardisk, server, cpu dsb.

3. Menghemat Penyimpanan Pada Perangkat
Jika sebelumnya kita harus menginstal aplikasi untuk menggunakan suatu software program. Dengan cloud kita tidak perlu melakukannya. Contohnya adalah terobosan google docs yang berfungsi sama seperti ms. phrase.

Karena tidak perlu diinstal, ruang penyimpanan komputer tidak penuh dengan software program sehingga membuat sistem komputer menjadi lambat.

4. Kelebihan Lain
Kelebihan penggunaan cloud lain diantaranya adalah kecepatan, kehandalan, produktivitas dll seperti yang kami jelaskan pada sub manfaat cloud computing.

B. Kekurangan Cloud Computing

1. Harus Terhubung Web
Sebetulnya ini bukan menjadi masalah besar, mengingat kemajuan web dimasa sekarang ini. Terlebih di beberapa wilayah jaringan 5G sudah digunakan sehingga membuat kecepatan akses lebih maksimal.

2. Keamanan Information
Tidak ada knowledge yang aman di dunia ini, semua pasti memiliki celah. Information keuangan dan catatan medis menjadi informasi sensitif yang harus dijaga baik itu dari pembobolan pihak luar ataupun dari pihak-pihak dalam perusahaan yang kurang bertanggung jawab.

3. Kesalahan Sistem
Dengan banyaknya pengguna yang mengakses dan memanipulasi knowledge pada satu portal, bukan tidak mungkin ada kesalahan sengaja ataupun tidak sengaja yang berimbas pada keseluruhan sistem.

Namun, Pada beberapa supplier cloud besar, hal seperti itu mungkin kecil kemungkinan terjadi, karena sistem dan protokol kuat yang telah dibangun oleh perusahaan penyedia Cloud.

Contoh Cloud Computing

Contoh penggunaan cloud computing dapat kita rasakan secara langsung pada beberapa aplikasi di kehidupan sehari-hari. Sadar ataupun tidak berikut ini adalah beberapa layanan yang sebetulnya merupakan bagian dari cloud computing.

1. Google Drive, Dropbox dsj

Dengan google drive kita bisa menyimpan, mengunduh knowledge, entah itu berupa gambar, video ataupun audio pada media penyimpanan on-line. Ketika menyimpan knowledge disana knowledge kita tidak tersimpan pada perangkat komputer, melainkan disimpan pada cloud storage yang dimiliki oleh google.

Keuntungannya, kita dapat mengakses knowledge tersebut kapan saja, menggunakan perangkat apa saja selama masuk dengan akun yang sama dan terhubung ke Web.

2. Google Docs, Spreadsheet dll

Perangkat lunak pengolah kata tidak bergantung lagi pada microsoft phrase, melainkan pada aplikasi serupa yang bisa dijalankan secara on-line.

Dengan google docs kita tidak perlu lagi mencari mentahan software program, menginstalnya di laptop computer dan menjalankanya. Sekarang tinggal kunjungi url google doc di web site. Kita dapat mengolah kata sama seperti menggunakan Ms Phrase.

3. Dan Lain-Lain

Selain Itu, masih banyak contoh penggunaan google drive pada kehidupan sehari-hari, misalnya

  • Adobe Inventive Cloud
  • Microsoft Energy BI
  • Salesforce
  • Google Classroom
  • Youtube, Fb dsj

Selain itu, Penggunaan cloud computing banyak dilakukan oleh perusahaan-perusahaan. Dengan cloud computing mereka tidak perlu membangun infrastruktur sistem, seperti pembelian {hardware} untuk server, pendingin server, hardisk, cpu, pendingin server dsb. Melainkan hanya perlu menyewanya pada supplier yang menyediakan layanan cloud.


Demikian artikel berkenaan dengan komputasi awan atau cloud computing, mulai dari pengertian, manfaat, contoh serta kelebihan dan kekurangan dari cloud computing.

Suka tidak suka, cloud computing telah menjadi bagian dari hidup sehari hari dan tentu saja itu banyak manfaatnya, baik untuk diri kita secara pribadi ataupun perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *