5 Jenis Minuman yang Bisa Bikin Tidurmu Jadi Nyenyak

By | Desember 14, 2020

Tidur yang cukup dan berkualitas pengaruhnya penting bagi kesehatan. Sayangnya, ini masih dianggap sepele banyak orang. Ada banyak cara untuk meningkatkan kualitas tidur, salah satunya dengan minum minuman yang kandungannya bisa bantu tidurmu jadi lebih nyenyak.

Sebelum membahasnya lebih lanjut, lembaga American Academy of Sleep Drugs (AASM) dan Sleep Analysis Society (SRS) dalam laporan yang dimuat dalam Journal of Medical Sleep Drugs, merekomendasikan bagi orang dewasa untuk tidur setidaknya 7 jam tiap hari supaya kesehatannya terjamin.

Masih dalam laporan yang sama, tidur bisa memengaruhi setidaknya sembilan aspek kesehatan. Di antaranya adalah kesehatan secara umum, kesehatan kardiovaskular, kesehatan metabolik, kesehatan psychological, fungsi imunitas tubuh, performa atau bagaimana manusia menjalankan aktivitasnya sehari-hari, kanker, rasa sakit, dan tingkat kematian.

Sebegitu seriusnya dampak tidur bagi kesehatan! Namun, ada kalanya mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas bukan perkara mudah. Untungnya, kamu bisa menyiasatinya dengan memiliih asupan yang bisa memudahkanmu untuk tidur. Misalnya dengan beberapa jenis minuman di bawah ini!

1. Teh kamomil

Berdasarkan laporan yang terbit dalam jurnal Molecular Drugs Reviews, teh kamomil (chamomile tea) telah lama digunakan sebagai obat natural.

Bunga kamomil yang telah dikeringkan diketahui mengandung senyawa terpenoid dan flavonoid yang memiliki khasiat di bidang pengobatan. Di antaranya adalah menghilangkan demam, mengurangi peradangan, kejang-kejang otot, mengatasi gangguan saat menstruasi, gangguan pencernaan, nyeri reumatik, hingga mengobati wasir atau ambeien.

Manfaat teh kamomil untuk memperbaiki kualitas tidur telah diteliti dan dilaporkan di Journal of Superior Nursing tahun 2016. Sebanyak 80 perempuan yang habis melahirkan diminta untuk meminum teh kamomil setiap hari selama dua minggu. Hasilnya, minum teh kamomil mampu mengurangi gejala fisik yang diakibatkan kualitas tidur yang buruk, serta dapat mengurangi gejala depresi.

2. Susu hangat

Melansir Healthline, minum susu hangat sebelum tidur telah direkomendasikan oleh banyak organisasi terkemuka sebagai salah satu cara membuat tidur lebih nyenyak.

Khasiat ini diperoleh karena susu mengandung triptofan, asam amino yang bisa meningkatkan kadar serotonin, hormon pencipta rasa bahagia.

Serotonin juga merupakan prekursor melatonin, hormon pengatur tidur. Meningkatnya melatonin ini dapat membuat seseorang lebih gampang tidur dan membantu mengatasi berbagai gangguan tidur, misalnya karena jet lag, sulit tidur akibat shift kerja yang berganti-ganti, maupun insomnia.

3. Jus buah ceri (cherry juice)

Minuman lain yang dapat membuatmu tidur nyenyak adalah jus buah ceri. Mengutip CNN, studi yang terbit dalam European Journal of Vitamin melibatkan 20 orang partisipan. Hasilnya, minum jus buah ceri dapat meningkatkan kadar melatonin, meningkatkan durasi tidur seseorang, serta membuat orang merasa segar saat bangun tidur.

4. Susu almon

Melansir dari Medical Information At this time, minum susu almon dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang. Hal ini disebabkan susu almon tinggi akan kandungan triptofan, melatonin, dan magnesium.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Minerva Ginecologica menemukan bahwa magnesium, bersama-sama dengan ekstrak kulit kayu magnolia, berkhasiat dalam menjaga siklus tidur manusia tetap regular.

Meskipun masih butuh penelitian lebih lanjut, tapi adanya kandungan magnesium dalam almon diperkirakan bisa membantu seseorang mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

5. Air kelapa murni

Selama ini air kelapa identik dengan minuman untuk penambah energi. Mengutip laman resmi Intermountain Healthcare, air kelapa murni (tanpa tambahan apa pun), bisa juga dimanfaatkan sebagai minuman untuk membantu tidur lebih nyenyak.

Air kelapa diketahui mengandung magnesium dan kalium yang dapat mengendurkan otot. Air kelapa juga kaya akan vitamin B, jenis vitamin yang bisa menurunkan tingkat stres.

Walaupun jenis minuman di atas dapat membantu tidurmu lebih nyenyak, ada baiknya diminum paling maksimal 2 jam sebelum tidur. Hal ini demi menghindari keinginan buang air kecil saat malam, yang nantinya akan mengganggu proses tidur, membuat kualitas tidur jadi menurun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *